Back to All articles

Mengenal Bata Ringan Lebih Dekat

Teknologi bahan bangunan terus berkembang, salah satunya adalah Beton ringan aerasi (Autoclaved Aerated Concrete) atau sering disebut juga Bata ringan. Dalam artikel ini kita akan mengenal Bata ringan lebih dekat. Mulai dari sejarah, teknologi, karakteristik dan berbagai sisi lain dari material bahan bangunan ini.

Sebagai Konsultan, Arsitek, Developer ataupun Kontraktor, tentu mempunyai dasar penilaian mengapa menggunakan suatu produk dalam proyek bangunan.

Maka pengetahuan teknologi bahan bangunan harus selalu diupdate supaya kesalahan dalam mengambil keputusan dalam dunia konstruksi dapat dihindari.

Mengenal Bata Ringan Lebih Dekat

Bata ringan pertama kali dikembangkan di Swedia pada tahun 1923 sebagai alternatif material bangunan untuk mengurangi penggundulan hutan.

Sejak tahun 1980-an, AAC Block semakin banyak digunakan dalam industri konstruksi di berbagai belahan dunia karena karakteristik AAC yang ringan tapi kuat, sehingga dapat mengurangi biaya struktur bangunan.

Penggunaan bahan-bahan alam dalam teknologi produksi bahan bangunan seperti pasir kuarsa dan kapur sudah dikenal sejak akhir abad ke-19. Pada awal abad ke-20 proses produksi tersebut ditingkatkan dengan diperkenalkannya penambahan sistem tekanan uap air pada perawatannya (steam curing).

Ini merupakan titik awal diperkenalkannya suatu material bahan bangunan baru, yakni Beton Ringan Aerasi / Autoclaved Aerated Concrete (AAC).

BACA JUGA :

Mengenal Mortar Instan Lebih Dekat

AAC atau Bata ringan merupakan bahan bangunan yang ringan dengan kekuatan tinggi dan kemampuan insulasi yang sangat baik.

Kekuatan material ini diperoleh dari proses perawatan dengan menggunakan tekanan uap air pada mesin autoclave.

Proses pengembangan menghasilkan pori-pori yang tak terhitung jumlahnya. Keseluruhan proses dan substansi yang dihasilkan, memberikan karakteristik mekanik dan fisik Beton Ringan Aerasi atau AAC Block yang luar biasa.

Mengenal Bata ringan sebagai pengganti material konvensional

Bata ringan digunakan sebagai pengganti bata merah konvensional yang biasa digunakan dalam pembuatan dinding atau lantai.

Bata ringan digunakan dalam industri konstruksi dikarenakan karakteristiknya yang ringan tapi kuat, sehingga sangat membantu dalam mengurangi biaya struktur bangunan.

Jika kita membandingkan antara penggunaan bata merah konvensional dengan Bata ringan, maka ada beberapa kelebihan yang bisa kita dapatkan, di antaranya :

  • Bersifat sangat baik menahan api, dan tahan terhadap kondisi cuaca yang ekstrim.
  • Bebas lumut, jamur, ngengat, dan tidak mudah keropos, karena bahan dasarnya yang terbuat dari semen, bukan seperti bata merah konvensional yang terbuat dari tanah liat.
  • Dinding yang terbuat dari Bata ringan juga lebih kedap suara, sehingga bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan dapat meminimalisir kebisingan.
  • Memiliki dimensi yang lebih besar dari bata merah konvensional, sehingga lebih hemat dan waktu penyelesaian pun juga lebih cepat.

Sifatnya sebagai insulator suhu menjadikan Bata Ringan Powerblock sebagai pilihan tepat terutama untuk pembangunan dengan tuntutan spesifik terhadap insulasi temperature maupun suara, seperti :

  • Laboratorium
  • Rumah walet
  • Rumah genset
  • Sarana olahraga, dll

Mengenal Bata ringan Powerblock

Bagi Konsultan, Arsitek dan secara khusus Developer maupun Kontraktor yang hendak membangun atau merenovasi suatu bangunan, tentunya menginginkan dapat merealisasikan hal tersebut dengan biaya yang murah, kuat dari segi struktur bangunan dan waktu penyelesaian yang cepat.

 

Proses bangun rumah huni selama ini cenderung identik dengan biaya yang mahal dan waktu penyelesaian yang lama. Namun seiring perkembangan teknologi terutama pada bidang konstruksi, hal itu sudah bukan lagi menjadi masalah yang perlu dikhawatirkan.

Salah satu solusi untuk membangun rumah dengan cepat dan murah adalah dengan penggunaan Bata ringan Powerblock.

Cara ini akan dapat mereduksi waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk Anda membangun sebuah hunian.

Mengenal Bata Ringa sebagai Bahan Untuk Berbagai Seni Dalam Desain

Karena mudah dipasang serta karakteristiknya yang ringan, maka penggunaanya mampu menekan biaya pengeluaran untuk bahan Baja, Beton, Semen/Mortar dan Pasir.

Bata Ringan juga sangat mudah untuk dipotong menggunakan gergaji biasa ataupun untuk dibor.

Ini adalah keunikan tersendiri yang nantinya bisa memunculkan ide-ide kreatif pemanfaatan AAC Powerblock untuk produk kerajinan atau asesoris interior yang menawan.

Banyak sudah hasil karya kerajinan kreatif berbahan dasar Bata Ringan, diantaranya :

  • Patung,
  • Pot tanaman,
  • Box lampu taman,
  • Box lampu interior,
  • Kaki meja kantor,
  • Panel decor atau wall decor,
  • Dan lainnya.

Mengenal Bata Ringan Powerblock Dari 10 Karakteristik yang Dimilikinya

Karakteristik Bata Ringan, menawarkan berbagai keuntungan. Bahkan di berbagai negara maju, penggunaan material beton ringan aerasi semacam ini dapat mengurangi biaya premi asuransi kebakaran.

Berikut ini adalah 10 karakteristik yang menjadikan material bahan bangunan ini sangat direkomendasikan sebagai pengganti bata merah konvensional.

1. BOBOT LEBIH RINGAN

Bata Ringan  adalah material bahan bangunan yang ringan dan dapat digunakan sebagai dinding pengisi.

Karena memiliki struktur yang homogen dan bobotnya yang ringan, produk Powerblock dapat mengurangi gaya-gaya yang ditimbulkan oleh gempa dan mengurangi beban yang harus dipikul oleh struktur.

Kemudahan lain yang diperoleh karena bobot ringan ini adalah dalam penanganan dan transportasi produk.

Di samping itu produk Powerblock adalah produk yang solid, lebih homogen dan lebih mudah dalam pemasangan.

2. DAYA SERAP AIR RENDAH

Meski komposisi Powerblock sebagian besar terdiri atas pori-pori, hal ini tidak menjadikan Powerblock memiliki daya serap air yang tinggi. Karena proses Steam Curing yang dilakukan dalam proses produksinya mengakibatkan struktur pori pada material ini mengkristal. Hasilnya adalah satu pori dengan pori lain memiliki kekedapan yang cukup tinggi. Maka proses penyerapan air hanya akan terjadi pada lapisan terluar. Setelah itu lapisan tersebut akan menjadi pelindung bagi penyerapan air selanjutnya.

3. TAHAN TERHADAP KEBAKARAN

Powerblock adalah material yang non-combustible (tidak mudah terbakar) dan karena memiliki konduktivitas panas yang rendah, aliran panas pada material ini sangat kecil.

Hasilnya adalah suatu material yang memiliki ketahanan yang baik terhadap kebakaran. Powerblock bahkan digunakan untuk melindungi material lain.

Karena itu di berbagai negara maju, penggunaan material beton ringan aerasi semacam ini dapat mengurangi biaya premi asuransi kebakaran, serta direkomendasikan untuk penyekat ruang-ruang pengolahan dan penyimpanan data seperti ruang komputer dan ruang arsip karena ketahanannya terhadap kebakaran.

4. TINGKAT PENYUSUTAN RENDAH

Masalah retak pada dinding adalah masalah klasik yang sering dijumpai. Penyebab keretakan itu sendiri dapat dikelompokan dalam 2 hal, yaitu:

Faktor Eksternal.
Disebabkan oleh terjadinya pergerakan-pergerakan diluar material itu sendiri, seperti pergerakan kolom struktur, defleksi pada balok atau lantai dan gaya-gaya eksternal lainnya seperti benturan dan lain sebagainya.

Faktor Internal.
Disebabkan oleh terjadinya pergerakan-pergerakan pada material dinding itu sendiri seperti penyusutan dan pemuaian bahan dinding, plesteran atau perekat dinding. Powerblock memiliki penyusutan yang lebih kecil sehingga mengurangi keretakan dinding akibat faktor internal.

5. DAYA TAHAN TINGGI TERHADAP TEKANAN

Powerblock memiliki kuat Tekan (N/mm²) ≥ 4.00 untuk berat Jenis Kering 550±50 kg/m³. Bila ditelaah dari beratnya, maka material ini relatif memiliki kekuatan yang tinggi. Sangat sedikit bahan bangunan lain yang dapat mencapai tingkat ini.

6. INSULATOR SUARA YANG BAIK

Material bahan bangunan ini merupakan insulator suara yang lebih baik dibandingkan dengan bahan bangunan yang lain. Penelitian-penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Powerblock memberikan insulasi suara yang baik.

7. AKURASI TINGGI DALAM UKURAN

Bahan baku standard internasional dan mutu proses produksi menjamin Powerblock memiliki ukuran yang akurat dengan toleransi ukuran panjang ± 2 mm, tinggi ± 2 mm, lebar ± 2 mm.

Akurasi ukuran ini akan mempermudah pelaksanaan pekerjaan di lapangan dan hasil akhir yang lebih rapi.

Akurasi ukuran yang tinggi ini juga memungkinkan penggunaan perekat yang tipis yaitu cukup setebal 2 – 3 mm dan memungkinkan finishing dengan cara langsung diaci tanpa plesteran.

8. RAMAH LINGKUNGAN

Powerblock adalah produk yang ramah lingkungan, tidak beracun dan tidak berbahaya. Material yang digunakan tidak dapat dijadikan tempat tinggal bagi kutu, serangga dan hewan sejenis lainnya.

9. TAHAN LAMA

Powerblock tahan terhadap perubahan cuaca, tahan lama dan stabil.

10. DAYA TAHAN TINGGI TERHADAP GEMPA BUMI

Perencanaan gaya lateral yang bekerja pada suatu bangunan karena gempa sebagian besar ditentukan oleh massa (berat) bangunan dan percepatan gerak tanah akibat gempa.

Secara sederhana gaya lateral gempa yang bekerja pada suatu bangunan didasarkan pada rumusan terkenal Newton.

Ada beberapa faktor lain yang juga mempengaruhi gaya gempa misalkan jenis tanah di bawah pondasi dan tingkat kelenturan struktur bangunan.

Massa Bata ringan yang ringan pada dasarnya memberikan manfaat dalam disain terhadap gempa.

Material ini juga dapat mengurai massa struktur dan secara otomatis memperkecil pengaruh gaya gempa terhadap bangunan.

Sebagai tambahan dalam mengenal Bata Ringan, sifatnya yang tidak mudah terbakar dan tahan terhadap kebakaran merupakan pelindung terhadap kebakaran yang biasanya timbul bersamaan dengan terjadinya gempa.

Sejak lama Bata Ringan Powerblock telah digunakan didaerah rawan gempa seperti di Aceh, Yogyakarta dan Padang. Bangunan yang menggunakan material ini baik secara keseluruhan maupun sebagian pada kenyataannya memiliki ketahanan yang baik terhadap gempa.

Di Indonesia, PT. Powerblock Indonesia adalah perusahaan yang menjadi bagian dalam memajukan konstruksi dan bahan bangunan di Tanah Air dengan menjadi produsen Bata ringan (AAC Powerblock) yang mempunyai kapasitas kemampuan produksi yang besar dalam waktu relatif singkat.

Hal tersebut sejalan dengan komitment PT. Powerblock Indonesia yang selalu mengutamakan kepuasan pelanggan serta informatif sehingga terciptanya hubungan yang baik antara PT. Powerblock Indonesia dengan para pelanggan.

Sesuai dengan visi perusahaan yaitu, menjadi produsen bahan bangunan terbaik dan bangga menjadi bagian dalam memajukan dunia konstruksi dan bahan bangunan di Tanah Air. Pada waktunya, menjadi perusahaan Indonesia yang dapat dibanggakan dalam kancah industri bahan bangunan internasional.

Demikian artikel mengenal Bata Ringan lebih dekat ini kami sajikan untuk menambah pengetahuan produk, nantikan terus update artikel untuk menambah pengetahuan seputar perkembangan teknologi bahan bangunan.

WE ARE POWERBLOCK
WE ARE INDONESIA
WE ARE ONE

www.powerblockindonesia.com

 

CUSTOMER SERVICE
cs@powerblockindonesia.com
TOLL FREE : 0800-18-POWER (76937)