Back to All articles

Proses Poduksi Bata Ringan Powerblock®

Dalam proses produksi Bata Ringan Powerblock®, pengendalian mutunya dilakukan di laboratorium dengan menggunakan standar DIN (Deutsche Industrie Norm).

Berbeda dengan bahan beton lainnya, AAC Powerblock® dibuat menggunakan kumpulan bahan baku yang tidak melebihi ukuran sebesar butiran pasir. Silika, kapur, semen dan air digunakan sebagai bahan pengikat. Bubuk alumunium ditambahkan sebesar 0,05-0,08% per volume (tergantung kepadatan yang diinginkan).

Ketika adonan beton aerasi yang masih mentah ini dicampur dan dicetak, reaksi kimiawi yang terjadi pada tahap tersebut menghasilkan bahan yang ringan dan bersifat insulator suhu. Bubuk aluminum bereaksi dengan kalsium hidroksida yang ada dalam pasir silika dan air sehingga membentuk hidrogen.

Gas hidrogen ini lalu membentuk gelembung-gelembung. Gelembung udara inilah yang menjadikan volumenya dua kali lebih besar dari volume semula. Di akhir proses, hidrogen akan terlepas ke atmosfer dan digantikan dengan udara. Hampir 80% volume AAC Powerblock® terdiri dari udara sehingga menjadikannya struktur yang berpori menyerupai sel-sel, dan membuat beton ini menjadi ringan.

Ketika diangkat dari cetakan, AAC Powerblock® telah berbentuk padat namun masih lunak. Setelah dipotong menjadi blok atau panel, AAC Powerblock® diletakkan dalam ruang autoclave selama 12 jam. Selama proses pengerasan dengan uap ini, suhu mencapai 190 °C dengan tekanan sebesar 8 – 12 bar, silika pun bereaksi dengan kalsium hidroksida sehingga menjadikan AAC Powerblock® sangat kuat. Setelah itu, AAC Powerblock® baru dapat digunakan sebagai bahan konstruksi.

Dalam proses produksi AAC Powerblock®, pengendalian mutunya dilakukan di laboratorium dengan menggunakan standar DIN (Deutsche Industrie Norm). Hasil uji laboratorium meliputi kuat tekan, tingkat ketahanan api, absorbsi suara, penyerapan air, kadar air dan penyusutan.

Demikian artikel proses produksi AAC Powerblock®, nantikan terus update artikel-artikel di Blog ini untuk menambah pengetahuan seputar AAC POWERBLOCK®.

WE ARE POWERBLOCK
WE ARE INDONESIA
WE ARE ONE

www.powerblockindonesia.com

 

CUSTOMER SERVICE
cs@powerblockindonesia.com
TOLL FREE : 0800-18-POWER (76937)