Back to All articles

Selamat Hari Kebebasan Pers Dunia

Persoalan berita hoax menjadi isu hangat di Hari Kebebasan Pers Dunia, apalagi dengan perkembangan sosial media, membuat berita hoax semakin tak terkendali.

Pada tanggal 3 Mei setiap tahunnya, para wartawan di Indonesia dan seluruh dunia memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia.

Sidang Umum Perserikatan Bangsa-bangsa pada tahun 1993 menetapkan tanggal 3 Mei sebagai hari untuk memperingati prinsip dasar kemerdekaan pers, demi mengukur kebebasan pers di seluruh dunia.

Harapan dari diperingatinya Hari Kebebasan Pers Dunia adalah untuk mempertahankan kebebasan media dari serangan berbagai pihak dan memberikan penghormatan kepada para jurnalis yang meninggal dalam menjalankan profesinya.

Di Indonesia sendiri, kebebasan pers diawali pada tanggal 23 September 1999, ketika Presiden Indonesia BJ Habibie mengesahkan UU No. 4 Tahun 1999 tentang Pers.

Pada peringatan tahun 2018 ini, maraknya berita hoax sudah menjadi masalah sejak Pemilu Presiden 2009. Menurut jurnalis senior Amerika Serikat Steven Reiner, maraknya berita hoax sudah menjadi fenomena global.

Sosial media dan grup percakapan di aplikasi ponsel dikenal luas sebagai media yang paling populer di Indonesia sebagai sumber berita-berita hoax.

Pemerintah Indonesia dan dewan pers telah terus berupaya untuk melawan fenomena berita hoax.

Tahun lalu, tepatnya pada tanggal  1 sampai dengan 4 Mei 2017, Indonesia  dipercaya menjadi tuan rumah perayaan Hari Pers Sedunia dengan mengangkat tema, “Berpikir Kritis di Masa Kritis: Peran Media Mempromosikan Kedamaian dengan Masyarakat yang Aktif dan Terbuka”.

Semoga dengan adanya peringatan Hari Kebebasan Pers Dunia ini, kita secara bersama-sama dengan penuh kesadaran dapat lebih menjunjung tinggi kebebasan pers dan stop menyebarkan berita hoax. Dan pada akhirnya juga akan membuat iklim dunia konstruksi di Indonesia menjadi bergerak kearah yang lebih positif dan lebih bergerak maju. Jayalah dunia Konstruksi Indonesia.

Hal tersebut sejalan dengan komitment PT. Powerblock Indonesia dalam perannya memajukan dunia konstruksi Indonesia.

Sesuai dengan visi perusahaan yaitu, menjadi produsen bahan bangunan terbaik dan bangga menjadi bagian dalam memajukan dunia konstruksi dan bahan bangunan di Tanah Air. Pada waktunya, menjadi perusahaan Indonesia yang dapat dibanggakan dalam kancah industri bahan bangunan internasional.

WE ARE POWERBLOCK
WE ARE INDONESIA
WE ARE ONE

www.powerblockindonesia.com

CUSTOMER SERVICE

cs@powerblockindonesia.com
TOLL FREE : 0800-18-POWER (76937)