Back to All articles

Digital Mall di Kawasan Komersial Park Avenue – Batam

Digital Mall akan menjadi konsep baru perkembangan pusat perbelanjaan di Indonesia.

Pada tahun 2006, Bill Gates pendiri Microsoft, memprediksi bahwa gaya hidup digital akan menjadi tren kehidupan manusia. Menurut Bill Gates kehidupan akan makin efisien dan simpel dengan bantuan teknologi.

DIGITAL MALL DI BATAM

Letaknya yang berhadapan langsung dengan Singapura menjadikan Batam selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Selain memiliki daya tarik di bidang pariwisata, banyak wisatawan yang sengaja datang untuk berburu barang bermerek dengan harga terjangkau. Maka, tak mengherankan bila Batam kini menjelma sebagai surganya pusat perbelanjaan.

Dilansir kompas.com, PT Agung Podomoro Land Tbk ( APLN) melalui anak usahanya, PT Dimas Pratama Indah, Akan membangun pusat perbelanjaan digital di kawasan komersial Park Avenue yang merupakan bagian dari perumahan Orchard Park.

Assistant GM Marketing Orchard Park Tedi Guswana mengatakan, disebut digital mall karena semua transaksi menggunakan barcode, dan dielngkapi fasilitas jaringan internet nirkabel.

Pusat belanja yang dirancang dengan konsep meeting point ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Batam sebagai Digital Mall.

Dikembangkan di atas lahan seluas 1,5 hektar, Park Avenue Mall ini bakal beroperasi pada awal 2019.

Segala hal yang ada di dalamnya memungkinkan pengunjung untuk melakukan pertemuan.

Oleh karena itu, para peritel yang akan bergabung pun lebih kepada :

  • Entertainment,
  • Food and beverages,
  • Co-meeting space,
  • IT corner,
  • dan ruang-ruang interaktif lainnya.

“Tidak ada peritel pakaian atau fashion. Kami membidik pasar dengan mobilitas tinggi,” tuntas Tedi.

Mungkinkah Tren sepinya pembeli di pasar tradisional (offline) yang akhir-akhir ini terjadi diramalkan akan terus berlanjut. Dan akan digantikan dengan Digital Mall ataupun online marketplace?

Perubahan trend ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi telah terjadi juga di belahan dunia lain dan akan terus terjadi mengikuti perilaku gaya hidup digital yang sudah jauh hari diprediksi Bill Gates.

Menarik untuk kita cermati dan tunggu perkembangan Digital Mall.

Sumber : artikel arsitektur