Back to All articles

Bata Ringan Terobosan Teknologi Bahan Bangunan

Bata Ringan adalah terobosan dalam teknologi produksi bahan bangunan.

Sejak tahun 1980-an, AAC Block semakin banyak digunakan dalam industri konstruksi di berbagai belahan dunia karena karakteristik AAC yang ringan tapi kuat, sehingga dapat mengurangi biaya struktur bangunan. AAC Block juga dikenal sebagai bahan yang memiliki sifat insulasi temperatur dan kedap suara yang baik, serta ramah lingkungan. Di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan bata ringan atau hebel.

Penggunaan bahan-bahan alam dalam teknologi produksi bahan bangunan seperti pasir kuarsa dan kapur sudah dikenal sejak akhir abad ke-19. Pada awal abad ke-20 proses produksi tersebut ditingkatkan dengan diperkenalkannya penambahan sistem tekanan uap air pada perawatannya (steam curing).

Ini merupakan titik awal diperkenalkannya suatu material bahan bangunan baru, yakni Beton Ringan Aerasi / Autoclaved Aerated Concrete (AAC).

Beton Ringan Aerasi / Autoclaved Aerated Concrete (AAC) merupakan bahan bangunan yang ringan dengan kekuatan tinggi dan kemampuan insulasi yang sangat baik.

Kekuatan material ini diperoleh dari proses perawatan dengan menggunakan tekanan uap air pada mesin autoclave. Proses pengembangan menghasilkan pori-pori yang tak terhitung jumlahnya. Keseluruhan proses dan substansi yang dihasilkan, memberikan karakteristik mekanik dan fisik Beton Ringan Aerasi atau AAC Block yang luar biasa.

AAC Block terbaik yang kami perkenalkan adalah POWERBLOCK®, diproduksi oleh PT. Powerblock Indonesia yang merupakan salah satu produsen Autoclaved Aerated Concrete dan Dry Mortar terbesar di Tanah Air. Menawarkan konsistensi mutu, ketersediaan produk, penjelasan teknis serta bimbingan pelaksanaan.

Demikian artikel pengenalan AAC Block, nantikan terus update artikel-artikel di Blog ini untuk menambah pengetahuan seputar AAC POWERBLOCK®.

WE ARE POWERBLOCK
WE ARE INDONESIA
WE ARE ONE

www.powerblockindonesia.com

 

CUSTOMER SERVICE
cs@powerblockindonesia.com
TOLL FREE : 0800-18-POWER (76937)